Senin, 15 April 2019

Perbedaan Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual



DESAIN GRAFIS
Desain grafis terdiri dari 2 kata, yaitu desain dan grafis. Desain adalah perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, sedangkan grafis adalah ilmu merancang titik-titik atau garis-garis menjadi sebuah bentuk yang berhubungan dengan percetakan. Jadi desain grafis merupakan ilmu perancangan bentuk menggunakan kreatifitas untuk kepentingan percetakan.


DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV)
Desain Komunikasi Visual terdiri dari 3 kata, yaitu desain, komunikasi, dan visual. Desain berkaitan dengan perancangan dan kreatifitas, komunikasi adalah penyampaian suatu informasi, dan visual berkaitan dengan indera penglihatan. jadi, desain komunikasi visual adalah ilmu penyampaian informasi dalam bentuk visual (yang dapat dilihat dengan indera penglihatan) yang dibentuk dengan kreatifitas.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cakupan desain komunikasi visual lebih luas dari desain grafis, karena desain grafis hanya bersifat 2D yang hasil akhirnya akan dicetak, misal dalam bentuk poster, spanduk, atau komik. Sedangkan hasil dari desain komunikasi visual bisa berupa 2D dan 3D, misal dalam bentuk poster, spanduk, komik, animasi 3D, film, atau periklanan. Artinya desain grafis merupakan cakupan dari desain komunikasi visual.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar