Desain Komunikasi Visual atau yang biasa disingkat menjadi
DKV masih merupakan hal yang asing ditelinga masyarakat Indonesia. Di
masyarakat awam, desain komunikasi visual ini sering di identikkan dengan
tukang print atau tukang baliho dan reklame. Sehingga banyak orang yang
memandang sebelah mata pada dunia desain. Pendapat orang awam tentang desain
komunikasi visual yang identik dengan iklan memang bukan pendapat yang salah,
tapi tidak juga sepenuhnya benar karena iklan hanyalah salah satu media atau
sarana yang dihasilkan oleh desain komunikasi visual.
FUNGSI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
1. Sebagai Sarana Identifikasi
Fungsi utama dari desain komunikasi visual adalah sebagai
sarana identifikasi. Identitas seseorang dapat mengatakan tentang siapa orang
itu, dan darimana ia berasal. Begitu juga dengan sebuah benda atau produk dapat
memberitahu kita bagaimana kualitas produk tersebut, dan membuat produk
tersebut lebih mudah dikenali baik oleh produsennya atau konsumen.
2. Sebagai Sarana Instruksi dan
Informasi
Sebagai sarana instruksi dan informasi, desain komunikasi
visual bertujuan menunjukkan hubungan antara suatu hal dengan hal lainnya dalam
petunjuk, arah, skala, dan posisi.
3. Sebagai Sarana Promosi dan
Presentasi
Tujuan dari desain komunikasi visual sebagai sarana promosi
dan produksi adalah untuk menyampaikan pesan, pendapat perhatian (atensi)
secara visual sehingga mudah diingat.
Sumber: http://thyamersita.blogspot.com/2017/03/artikel-desain-grafis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar